Tuesday, September 2, 2014

bagian - bagian mesin bubut metal sedang / part of metal lathe

Mesin bubut adalah mesin yang sangat umum dijumpai dalam industri permesinan, dan banyak ditemui di bengkel bengkel mesin. nah untuk lebih jelasnya mari kita amati bagian-bagian mesin bubut tersebut





1. Head stock/kepala tetap
bagian ini merupakan bagian utama dari mesin bubut, di dalam head stock terdapat transmisi roda gigi yang dapat diatur kecepatan putarnya, headstok merupakan rumah dari poros spindel mesin yang digunakan untuk memutar benda kerja. unutk mengatur putaran mesin dilakukan dengan memutar tuas-tuas yang ada dan tidak diperbolehkan mengatur putaran pada saat spindel masih berputar/beroperasi


2. Bed mesin
bagian ini merupakan landasan sejajar dengan headstock digunakan untuk penopang dari apron,saddle dan tailstock pada waktu melakukan proses pembubutan, bagian ini merupakan bagian utama dari mesin bubut yang harus selalu dilumasi sebelum dipakai agar tidak berkarat dan kesejajaran tetap terjamin.


3. Carriage, apron dan saddle
bagian ini merupakan bagian utama dari mesin bubut yang berfungsi sebagai penopang pemegang pahat pada penyayatan, selain itu bagian ini dihubungkan dengan feed gearbox melalui feed shaft dan lead screw yang berfungsi dalam pembubutan feeding otomatis dan pembubutan ulir. pada apron juga terdapat cross slide yang merupakan penggerak arah melintang / tegak lurus sumbu mesin dan sebagai penopang dari pemegang alat potong/tool post


4. tailstock / kepala lepas
bagian ini digunakan untuk pemegang cekam bor / drill chuck yang berguna sebagai alat pengeboran pada center mesin bubut, selain itu bagian ini berfungsi untuk menumpu benda kerja yang panjang dengan bantuan live center.


5. feed gearbox
pada bagian ini terdapat rangkaian roda gigi yang berguna untuk mengatur kecepatan penyayatan/ feeding dan mengatur dalam pembuatan macam-macam ukuran ulir. mekanisme gearbox feed ini dihubungkan langsung dengan putaran dari headstock melalui rodagigi penghubung.


6. base
bagian ini berfungsi sebagai penopang mesin,  bagian ini harus kokoh dan kuat menahan beban mesin dan getaran mesin itu sendiri.

7. four jaw chuck
digunakan sebagai pemegang benda kerja, bagian ini terhubung langsung dengan spindel mesin.

1 comment:

  1. Kami adalah perusahaan yang khusus menjual produk Pelumas/Oli dan Grease/Gemuk untuk sektor Industri.

    Oli yang kami pasarkan diantaranya untuk aplikasi : Diesel Engine Oil, Transmission Oil, Gear Oil, Compressor Oil, Hydraulic Oil, Circulating & Bearing, Heat Transfer Oil, Slideway Oil, Turbine Oil, Trafo Oil, Metal Working Fluid, Synthetic Oil, Corrosion Preventive, Wire Rope, Specialities Oil dan aneka Grease/Gemuk.

    Kami menjadi salah satu perusahaan yang dapat memenuhi berbagai macam kebutuhan pabrik-pabrik besar di Indonesia, termasuk kebutuhan akan pelumasan khusus.
    Prinsip kami adalah selalu mengembangkan hubungan jangka panjang kepada setiap customer. Bila anda butuh info lebih lanjut, silahkan menghubungi kami.

    Mobile : 0813-1084-9918
    Whatsapp : 0813-1084-9918
    name : Tommy. K
    Email1 : tommy.transcal@gmail.com

    ReplyDelete