Thursday, September 4, 2014

Macam - macam jenis mesin bubut metal / types of metal lathe

Pengertian pembubutan
Pembubutan adalan pengelupasan material dengan cara memutar material dengan kecepatan tertentu dan dikelupas dengan suatu alat potong yang diam. walaupun dalam era modern alat potong juga punya gerak putar seperti digunakan pada mesin bubut 3in 1.

Mesin bubut adalah suatu mesin yang prinsip kerjanya memiliki gerak utama memutar benda kerja / material yang dipegang oleh chuck atau pemegang lainnya dan diputar oleh unit motor listrik yang ditransmisikan lewat sabuk dan rangkaian rooda gigi untuk menghasilkan putaran tertentu. kemudian alat potong digerakkan untuk menyayat benda kerja sehingga mendapatkan bentuk yang diiinginkan, biasanya silindris.


Macam-macam hasil pekerjaan pembubutan
1. Diameter bertingkat /shoulder turning
2. Tirus / taper
3. Ulir / thread
4. poros eksentrik / poros engkol / crank shaft
5. poros cacing /worm shaft

Macam - Macam mesin bubut dalam pekerjaan metal.
1. Mesin bubut metal standar.
Adalah mesin bubut yang umum digunakan dalam industri manufaktur, mesin bubut ini sering juga disebut mesin bubut konvensional karena pengerjaan benda kerja masih dilakukan secara manual. menurut ukurannya mesin bubut ini dibedakan menjadi 3 yaitu

a. mesin bubut bangku / mini lathe / bench lathe
adalah bentuk sederhana dari mesin bubut standar yang diletakkan diatas meja, ukuran panjang mesin bubut ini sampai dengan 1 meter dan terbatas untuk pekerjaan-pekerjaan sederhana dan kecil.
gambar mesin bubut bangku

b. mesin bubut sedang / medium lathe
adalah mesin bubut ukuran standar sampai dengan 2 meter yang umum dijumpai dalam industri dan bengkel-bengkel, digunakan unutk membuat benda kerja sampai dengan diameter 200-300 mm. jemis pekerjaan meliputi pembuatan diameter, ulir, tirus dan eksentrik
gambar mesin bubut sedang


c. mesin bubut besar / big lathe
adalah mesin bubut ukuran raksasa dengan ukuran sampai sebesar gedung dengan ketinggian sampai 5 meter dan panjang 20 meter, biasa digunakan untuk industri mesin-mesin kapal.

gambar mesin bubut besar

2. Mesin bubut turret/capstan
mesin ini sebenarnya hampir sama dengan mesin-mesin bubut pada umumnya, teteapi yang membedakan adalah pemegang alat potong sampai dengan 8 alat potong sekaligus dan digunakan untuk membuat produk massal, dimana setiap alat potong sudah diset untuk pekerjaan pembubutan masing masing.

gambar mesin bubut copy

3. mesin bubut copy
mesin ini digunakan untuk membuat suatu benda kerja dengan acuan sebuah mal benda kerja sehingga mengasilkan benda kerja yang seragam

gambar mesin mesin bubut copy

4. mesin bubut spesial / 3 in 1
adalah mesin bubut yang dikombinasikan dengan mesin-mesin lain seperti mesin bor dan mesin frais.

gambar mesin bubut 3 in 1

5. mesin bubut pola / metal spinning lathe
adalah mesin bubut dengan bahan material berupa plat yang di tekan ke pola untuk membuat bentuk-bentuk seperti wajan, kap lampu dll

gambar metal spinning


6. Mesin bubut jenis vertikal / vertical lathe machine
Mesin bubut ini mempunyai spindel penggerak dengan arah vertikal. pada prinsipnya sama dengan mesin bubut pada umumnya hanya terdapat perbedaan dalam posisi sumbu spindelnya.

7 comments:

  1. terimakasih gan postingan sangat membantu saya dalam mengerjakan tugas akhir, ijin save ya

    ReplyDelete
  2. mengoprasikan mesin cnc itu susah apa gampang bro, belajar 3 bulan bisa gak ya ?

    ReplyDelete
  3. Di mana bisa beli mesin bubut pola / metal spinning lathe?
    Rencana utk buat wajan Stainless Steel ukuran besar.
    Mohon infonya & tks

    ReplyDelete
  4. Saya tidak bisa cukup berterima kasih kepada layanan pendanaan lemeridian dan membuat orang tahu betapa bersyukurnya saya atas semua bantuan yang telah Anda dan staf tim Anda berikan dan saya berharap dapat merekomendasikan teman dan keluarga jika mereka membutuhkan saran atau bantuan keuangan @ 1,9% Tarif untuk Pinjaman Bisnis. Hubungi Via:. lfdsloans@lemeridianfds.com / lfdsloans@outlook.com. WhatsApp ... + 19893943740. Terus bekerja dengan baik.
    Terima kasih, Busarakham.

    ReplyDelete
  5. Saya dari Rajawali Trans Cargo (RTC) perusahaan bergerak dalam bidang pengiriman (Cargo) barang barang Import door to door (By Sea & By Air)dari Negara Guangzhou, Yiwu, Singapore, Korea, Taiwan, Hongkong, Bangkok.

    Apabila membutuhkan jasa pengiriman silahkan hubungi :
    Thuri Fadli : 0813-1763-4435
    E-Mail : thurirajawali@gmail.com
    Website : www.rajawalicargo.com

    Thnks
    Thuri Fadli

    ReplyDelete